Posted by: n3wb13 | October 8, 2009

Sunda, kerajaan yang akan terhapuskan….

Aku menulis tulisan mengenai Sunda ini bukan karena aku orang Sunda, tapi karena aku urang sunda, aku bangga menjadi orang Sunda. Dengan keunikan masyarakat Sunda itu yang membuat aku bangga, jangan sampai orang Sunda kehilangan keSundaanya. Sudah bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari orang-orang baik anak-anak ataupun orang tua tidak pernah memperlihatkan keSundaan mereka, dari mulai pembicaraan sehari-hari mereka sudah tidak mau lagi untuk berbicara bahasa Sunda padahal mereka itu adalah orang Sunda dan tinggal di daerah Tatar Pasundan, aku tidak mengerti apakah mereka itu malu, gagap berbahasa daerah, atau tidak bisa berbicara dalam bahasa sunda. Padahal jika kita lihat struktur bahasa Sunda itu sungguh menakjubkan. Dari menyatakan kata “makan” saja sudah banyak bahasa yang biasa diucapkan oleh orang Sunda yaitu dahar, emam, neda, lolodok, baranghakan, nyatu, dan mungkin ada kata lainnya karena aku sendiri hanya tahu itu saja hehe..:p tuhkan bisa terbukti kalau dari satu kegiatan saja bisa menjadi banyak kata dalam bahasa Sunda, betapa hebatnya karuhun urang Sunda dulu dalam membuat kata-kata. Maka dari itu yang merasa urang Sunda mari kita melestarikan Basa Sunda, karena menurut aku sendiri Basa Sunda itu lebih sulit dibandingkan dengan Bahasa Inggris apalagi Bahasa Indonesia, ingin tau kenapa??!! coba cari tahu saja sendiri hehe…Jangan malu untuk berbicara Basa Sunda karena itu bahasa warisan nenek moyang / karuhun urang Sunda.

Yang lainnya yang membuat aku bangga menjadi urang Sunda adalah bahwa tanah orang Sunda atau yang biasa kita sebut Tatar Parahyangan adalah tempat terindah yang mungkin kita ketahui itu, buktinya banyak sekali resort, cafe, dsb yang fungsinya untuk menjual pemandangan Tatar Parahyangan, memang tidak salah jika orang dulu bilang bahwa Tuhan sedang tersenyum saat Tatar Parahyangan ini diciptakan. Tapi sekarang yang membuat aku sedih adalah saat semuanya itu akan dirubah oleh keserakahan manusia sendiri mungkin waktu diciptakan memang Tuhan sedang tersenyum, tetapi hari ini Tuhan sedang merengut melihat tatar Pasundan ini, karena melihat tingkah pola manusia-nya. Ini yang paling menyedihkan orang-orang Sunda pada kemana, disaat tanah mereka akan direbut oleh orang lain, coba saja kita lihat dan kita prediksi sendiri resort-resort, cafe-cafe, mall-mall, tempat-tempat hiburan utamanya di Kota Bandung yang memang pusat dari Tanah Parahyangan ini kebanyakan adalah orang luar bukan penduduk asli disana, pada pergi kemana para penduduk asli didaerah sana, mungkin terusir oleh kemunafikan para penguasa,,oopsss kok malah jadi curhat gini, what the F aja lah kalo masalah itu mah hehe,,, hanya saja tolong dijaga baik-baik tanah parahyangan ini karena ini tanah kita tanah orang Sunda jangan sampai dirusak dan dihancurkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Orang-orang yang tidak bertanggung jawab itu biarlah mereka menanggung jawabannya mereka di Akhirat nanti,,,iihhhh syeerrrreemmmm….hehe

Ditulisan lain aku akan menuliskan lebih banyak lagi, biar pembacanya gak pusing bacanya hehe… Salam Sunda

URANG SUNDA HUDANG EUYYYYYY


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: